Pages

Sunday 15 September 2013

Cerita Rakyat- Rara Jonggrang

assalamualaikum wr.wb

Sahabat setia Life Must Go On,, kali ini saya akan memposting tetang cerita rakyat " Rara Jonggrang" yaitu berasal dari JAWA TENGAH....
seperti apa cerita selanjutnya, monggo disimak......
R ara atau Lara Jonggrang atau biasa disebut Durga Mahisasuramardini adalah sebuah legenda atau cerita rakyat yang menceritakan asal muasal Candi Prambanan di jawa tengah. Cerita ini berdasarkan Arca Dewi Durga yang di temukan di desa Prambanan, Jawa Tengah. Rara Jonggrang artinya adalah " Gadis Langsing". Alkisah Raja Baka yang arif dan bijaksana mempunyai seorang putri yang sangat cantik bernama Rara Jonggrang. Rakyat pada umumnya sangat mengagumi kecantikan sang putri sebagaimana mereka biasa memuji - muji rajanya yang pandai memimpin. Pada suatu hati kerajaan itu diserang oleh pasukkan dari Pengging yang dipimpin oleh Bandung Bandawasa. Tak mampu membendung serangan musuh, kekuasaan atas kerajaan itu pun jatuh ketangan musuh.

Setelah menguasai kerajaan, Bandung Bandawasa bertemu dengan Rara Jonggrang dan terpikat oleh kecantikan sang putri, Lalu sang putri di minta untuk menjadi istri Bandung Bandawasa. Rara Jonggrang sangat kebingungan memerima lamaran dari musuh kerajaan. Ia sendiri tidak mencintai lelaki itu. Tetapi kalau terang-terangan menolak, malapetaka yang lebih buruk pasti terjadi akhirnya sang putri mengajukan syarat. Ia mau dijadikan istri apabila Bandung Bandawasa dapat mendirikan 1000 Candi untuknya dalam waktu semalam.

Bandung Bandawasa setuju, kemudian lelaki itu mulai membangun candi-candi. dan untuk mempercepat pembangunan itu, dikerahkan pula pasukkan makhluk halus agar membantu. Melihat kejadian-kejadian itu Rara Jonggrang khawatir. Lalu sang putri mencari akal untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bandawasa. Menjelang pagi disuruhlah para dayang-dayang menuju ke perkampungan. Pergilah dan buatlah keramaian serta bunyi-bunyian dari kampung sekitarnya mengira hari telah pagi sehingga begitu saja meninggalkan pekerjaan. Bandung Bandawasa sangat kecewa.

Ia melihat bahwa jumlah candi hanya selesai 999. dikiranya sudah gagal memenuhi syarat perkawinan. tetapi ketika tahu bahwa ia telah dikelabui Rara Jonggrang, Murkalah hatinya. Maka disirlah Rara Jonggrang menjadi patung batu untuk melengkapi candi yang didirikan oleh Bandung Bandawasa. Demikianlah ceritanya hingga sekarang pun, kita dapat menemukan Arca Rara Jongrang di kompleks Candi Prambanan.

Nasehat yang dapat diambil dari kisah Rara Jongrang adalah :

" Jangan suka memaksakan kehendak kepada orang lain"


No comments:

Post a Comment

visitor

Flag Counter